Tuesday 4 October 2011

Apa itu satelit buatan.


Satelit buatan adalah suatu penerima dan pemancar wireless yang diletakkan pada orbitnya di sekitar bumi. Satelit dibuat oleh para ilmuan dan engineer yang akan ditempatkan di orbit mengitari bumi, dengan berbagai misi yang akan dilakukanya. Macam – macam satelit buatan dibagi berdasarkan jenis orbit dan misinya.
Ada ratusan satelit yang telah/sedang beroperasi, awalnya dan sampai sekarang banyak digunakan untuk pencarian sumber daya alam dan mata-mata (keperluan militer), kemudian banyak digunakan untuk keperluan penelitian cuaca, siaran televisi, komunikasi radio amatir, komunikasi internet dan Global Positioning System.
Berdasarkan Jenis Orbit : LEO = Low Earth Orbit , satelit dengan orbit rendah MEO = Medium Earth Orbit, satelit dengan orbit menengah GEO = Geosyncronous Earth Orbit, satelit dengan orbit sinkronous
Ada tiga macam sistem komunikasi melalui satelit ini, yaitu :
Geostationary Satellite Orbit (GEO), satelit dengan orbit sinkronous yang ditempatkan tempat di atas khatulistiwa, sekitar 35.000 km ke atas, karena ditempatkan di atas khatulistiwa maka satelit tersebut mengitari bumi selama 24 jam, oleh karena bumi pun bergerak, jadi seolah-oleh satelit tersebut tetap berada di tempatnya. Biasanya satelit tersebut digunakan untuk satelit cuaca, karena dapat memantau perubahan iklim yang terjadi di tempat tertentu. Satu satelit GEO dapat “melihat” 40% permukaan bumi, jadi dengan tiga satelit GEO dengan interval yang sama (120 derajat) dapat mencakup seluruh permukaan bumi. GEO satelit dapat diakses dengan menggunakan dish antenna yang berada di permukaan bumi.
Low Earth Orbit (LEO) adalah satelit dengan orbit rendah, bahkan ada yang ketinggiannya kurang dari 100 mil, satelit ini bergerak lebih cepat dari bumi, sehingga dibutuhkan waktu antara 90 menit sampai beberapa jam untuk mengakses satelit ini. Kebanyakan digunakan untuk penggunaan telepon genggam, atau telepon via satelit.
Elliptical Orbits, beberapa satelit mengitari bumi dengan menggunakan orbit elip, kecepatannya akan bertambah bila berada di orbit rendah, dan berkurang bila berada di orbit tinggi, beberapa satelit digunakan untuk operator radio amatir, dimana menggunakan antena yang selalu di sesuaikan dengan kedudukan satelit di angkasa

No comments:

Post a Comment