Tuesday 11 October 2011

fakta tentang semut

1. Seperti semua serangga, semut memiliki enam kaki. Setiap kaki memiliki tiga sendi. Kaki semut sangat kuat sehingga mereka dapat berjalan sangat cepat. Jika seorang pria bisa berlari secepat untuk ukuran tubuhnya maka semut pun bisa, dia bisa berlari secepat kuda pacuan. Semut bisa mengangkat 20 kali berat badan mereka sendiri. Otak semut memiliki sekitar 250 000 sel otak. Otak manusia memiliki 10.000 juta sehingga jika terdapat 40 ribu semut dalam satu koloni itu sama artinya dengan otak ukuran manusia.

2. Usia hidup semut rata-rata 45-60 hari. Semut menggunakan antena mereka tidak hanya untuk menyentuh, tetapi juga untuk indra penciuman mereka. Kepala semut memiliki sepasang rahang yang besar dan kuat. Rahang bergerak menyamping ketika membuka dan menutup seperti sepasang gunting. Semut dewasa tidak bisa mengunyah dan menelan makanan padat. Sebaliknya mereka menelan jus yang mereka peras dari potongan-potongan makanan. Mereka membuang bagian yang kering yang tersisa. Semut memiliki dua mata, setiap mata terbuat dari mata berukuran kecil.

3 Mata mereka disebut mata majemuk. Semut mempunyai dua perut. Satu perut untuk menyimpan makanan sendiri dan yang kedua sebagai penyimpan makanan untuk dibagikan dengan semut lainnya. Seperti semua serangga, bagian luar tubuh mereka ditutupi dengan perisai keras yang disebut dengan exoskeleton. Semut mempunyai empat tahap dalam pertumbuhannya, telur, larva, pupa dan dewasa. Para ahli biologi mengklasifikasikan sekelompok semut sebagai tawon khusus (Hymenoptera Formicidae). Ada lebih dari 10.000 spesies semut. Setiap koloni semut memiliki setidaknya satu ratu semut atau bahkan lebih.

4. Tugas ratu semut adalah bertelur, sedangkan semut pekerja sebagai pengurusnya. Semut pekerja adalah semut yang steril, mereka mencari makanan, menjaga semut muda, dan mempertahankan sarang dari pengunjung yang tidak diinginkan. Semut adalah serangga yang bersih dan rapi. Beberapa semut pekerja diberi tugas mengambil sampah dari sarang dan meletakkannya di luar tempat pembuangan sampah khusus. Setiap koloni semut memiliki bau tersendiri. Dengan cara ini, penyusup dapat segera diketahui. Banyak semut seperti pada umumnya spesies semut merah memiliki sengatan yang mereka gunakan untuk mempertahankan sarang mereka.

5. Pada umumnya semut hitam dan semut kayu tidak memiliki sengatan, tetapi mereka dapat menyemprotkan asam format. Beberapa burung menempatkan semut pada bulu mereka karena semut menyemprotkan asam format yang akan menyingkirkan parasit. Semut Slave-Maker(Polyergus Rufescens) menjarah sarang-sarang semut lain dan mencuri kepompong mereka. Ketika semut baru menetas, mereka bekerja sebagai budak dalam koloni. Semut pekerja menjaga telur dan larva dalam kelompok-kelompok yang berbeda sesuai dengan usia.

6. Pada malam hari semut pekerja memindahkan telur dan larva ke dalam sarang untuk melindungi mereka dari udara dingin. Selama siang hari, semut pekerja memindahkan telur dan larva dari koloni itu ke bagian atas sarang, sehingga mereka dapat lebih hangat. Jika semut pekerja telah menemukan sumber yang baik untuk makanan, ia meninggalkan jejak bau agar semut lain dalam koloni itu dapat menemukan makanan. Semut tentara bersifat nomaden dan mereka selalu bergerak. Mereka membawa larva dan telur mereka dalam satu barisan koloni yang panjang.

7. Semut tentara (Ecitron Burchelli) dari Amerika Selatan, dapat memiliki sebanyak 700.000 anggota di dalam koloninya. Semut Leaf Cutter adalah semut petani. Mereka membawa kembali potongan daun yang mereka potong ke sarang mereka. Mereka mengunyahnya ke dalam bubur kertas dan ditumbuhi
oleh jamur khusus. Semut tidak dapat mencerna daun karena mereka tidak dapat mencerna selulosa.

No comments:

Post a Comment